Tuesday, November 7, 2017

JAMU UNTUK KEPUTIHAN

JAMU UNTUK KEPUTIHAN

PATO-FISIOLOGI:  Keputihan adalah keluarnya cairan berwarna putih dari vagina secara abnormal. Keluarnya cairan ini menunjukkan adanya sumbatan atau kemungkinan infeksi pada vagina, atau servix atau saluran Falopii. Penyebab umum adalah kurangnya kebersihan, gonorrhoe, infeksi jamur atau protozoa. Karena keluarnya cairan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, keadaaan ini membutuhkan pemeriksaan seorang dokter dan sebuah tes lab untuk mengidentifikasi mikro-organisme penyebab kondisi ini.
INDIKASI: Keluarnya cairan putih dari vagina
Resep # 96 
BAHAN:  Sambiloto (Green chiretta-Andrographis paniculata) – 3 tanaman (semua bagian tanaman)  + madu - JAMU UNTUK KEPUTIHAN
CARA MERAMU JAMU DAN DOSIS: 
Jamu minum: Cuci bersih semua tanaman sambiloto dan potong-potong menjadi bagian-bagian kecil. Rebus dalam 4 gelas air minum dan biarkan mendidih sampai tersisa 2 gelas. Dinginkan dan saring. Tambahkan madu untuk pemanis. Dosis:
Resep # 97 
BAHAN-BAHAN: JAMU UNTUK KEPUTIHAN
Daun Iler/miana (Mayana leaves-Coleus scutellarioides) – 10 lembar
Madu (honey) – secukupnya 
CARA MERAMU JAMU DAN DOSIS: 
Jamu minum: cuci bersih senmua daun iler, lalu rebus dengan 3 gelas air minum. Biarkan mendidih sampa tersisa 1½ gelas. Dinginkan lalu aring.Tambahkan madu untuk pemanis. Dosis:
Resep # 98 
BAHAN-BAHAN: JAMU UNTUK KEPUTIHAN
Daun Sirih (Betel leaves-Piper betle) - 10 lembar 
Temulawak (Round turmeric-Curcuma xanthorrhiza) – 1 jari
Kunyit (Turmeric-Curcuma domestica) – 1 jari
CARA MERAMU JAMU DAN DOSIS:
Sebagai vaginal wash/pembilas vagina: Cuci bersih semua bahan dan potong kecil-kecil. Rebus dalam 1 liter air bersih selama sekitar 15 menit. Gunakan ramuan cair ini sebagai pembilas vagina selagi hangat. Lakukan ini 2 kali sehari.
Resep # 99 
BAHAN-BAHAN: JAMU UNTUK KEPUTIHAN
Kunyit (Turmeric-Curcuma domestica) – 1 jari
A
sam Jawa (Tamarind-Tamarindus indica) – 1 jari 
Gula Enau (Palm sugar) – secukupnya
CARA MERAMU JAMU DAN DOSIS:
Jamu minum: Kupas dan parut kunyitnya. Rendam asam Jawa dalam air mendidih, aduk baik-baik sampai asam Jawanya larut. Tambahkan gula enau dan parutan kunyit pada ekstrak asam Jawa. Saring ramuan ini. Dosis: ¼ gelas 2 kali sehari.
Recipe # 100 
BAHAN:   Daun Jarak Pagar (Physic nut leaves-Jatropha Curcas – folia) – 7 lembar  - JAMU UNTUK KEPUTIHAN
CARA MERAMU JAMU DAN DOSIS:
Vaginal wash: Cuci bersih dan giling halus daun jarak pagarnya. Rendam dalam air mendidih. Dinginkan dan saring. Gunakan cairan saringan ini sebagai pembilas vagina


No comments:

Post a Comment