Wednesday, November 15, 2017

JAMU UNTUK TUKAK LAMBUNG

JAMU UNTUK TUKAK LAMBUNG

PATO-FISIOLOGI: Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada lapisan dalam lambung. Tukak semacam ini bisa juga terjadi pada usus kecil (duodenum) bagian atas, dan juga (walau jarang) pada oesopaghus (kerongkongan). Yang belakangan disebut adalah akibat umum dari kecanduan alkohol.. Gejala sakit tukak lambung: rasa sakit perut yang berulang, rasa kembung setelah makan.
Ada sangat banyak jamu atau obat herbal untuk pengobatan tukak lambung yang terbukti ampuh mengatasi penyakit ini sampai tidak muncul kembali. Beberapa resep jamu tukak lambung berasal dari pengobatan tradisional turun-temurun leluhur kita. Dan beberapa jamu untuk tukak lambung tersebut adalah:
Resep Tukak Lambung #1: Kunyit dan madu
BAHAN-BAHAN: Jamu Untuk Tukak Lambung
Kunyit (Turmeric-Curcuma domestica) – 3 jari atau ruas
Madu – Secukupnya
CARA MERAMU DAN DOSIS:
Kupas dan cuci bersih rimpang kunyit. Parut kunyit lalu tambahkan 3 sendok makan air panas. Aduk dan peras. Campur air perasan kunyit dengan madu secukupnya untuk menambah rasa.. Dosis: minum ramuan kunyit madu ini 2 kali sehari selama 3 hari.
Resep Tukak Lambung #2: Air Daun Jambu Biji
BAHAN: Jamu Untuk Tukak Lambung
Daun Jambu Biji (Guava, Psidium guajava, folia)– 9 lembar
CARA MERAMU DAN DOSIS:
Cuci bersih daun-daun jambu biji. Rebus dengan 1,5 liter air. Masak sampai air berwarna kecoklatan dan tersisa sekitar 1 atau 2/3 liter. Dinginkan dan saring. Tambahkan gula batu untuk menambah rasa. Dosis: Satu kali masak bisa untuk tiga kali pengobatan/minum. Lakukan ini minum ramuan ini paling sedikit selama 3 hari.  
Resep Tukak Lambung #3: Sari Buah Noni
BAHAN: Jamu Untuk Tukak Lambung
Buah Noni/Mengkudu matang (Morinda citrifolia)  – 1 buah
CARA MERAMU DAN DOSIS:
Cuci bersih buah Noni dan buang biji-bijinya. Blender sampai halus, tambahkan air secukupnya/ ½ gelas dan tambahkan madu untuk menambah rasa. Dosis: minum ramuan ini 3 kali sehari
Catatan: Buah Noni mengandung senyawa antasida yang dengan cepat dapat menetralisir kadar asam lambung. Juga terdapat kandungan xeronin, salah satu anti toksin terbaik yang berkhasiat menyingkirkan toksin (termasuk kelebihan asam tidak normal) dalam lambung sehingga membersihkan kondisi lambung. Lambung yang lebih bersih memungkinkan proses penyembuhan berjalan lebih cepat.

No comments:

Post a Comment